STANDAR ISI |
1. |
Guru kesulitan membedakan mulok
dan PBKL |
2. |
Dukungan dinas
Kabupaten/Kota/Propinsi mengenai muatan lokal masih kurang |
3. |
Guru kesulitan merumuskan SK/KD
muatan lokal |
4. |
Kurangnya partisipasi stake
holder dalam membuat kurikulum sekolah, seperti perguruan tinggi, LPMP, Dinas
Pendidikan. |
5. |
Dalam membuat RPP dan Silabus
guru masih mengadopsi dari internet/sekolah lain |
6. |
RPP guru belum memuat strategi
PBM yang bervariasi |
7. |
Kurangnya referensi tentang
pengembangan kurikulum |
8. |
Pemahaman guru mengenai tugas mandiri tidak
terstruktur masih kurang |
9. |
kurangnya keahlian guru BK dalam
melayani konseling |
10. |
guru mengajar tidak berdasar
SK/KD, melainkan berdasarkan buku |
11. |
Lingkungan sekitar belum
digunakan secara optimal sebagai media pembelajaran |
12. |
Mulok belum ada silabus |
13. |
PBKL belum maksimal |
14. 15. |
Kurangnya kedekatan antar murid
dengan guru (tawuran) Pendidikan Karakter tidak ada |
|
|
|
|
STANDAR
KELULUSAN |
1. |
Minimnya lomba-lomba yang
diselenggarakan oleh Dinas Kabupaten/Kota |
2. |
Belum meraih kejuaraan di bidang
akademik dan non akademik ke tingkat propinsi/nasional |
3. |
Belum meraih kejuaraan wiyata
mandala |
4. |
KKM beberapa mata pelajaran
masih di bawah 75 |
5. |
Nilai UN masih rendah |
6. |
Akhlak dan kepribadian siswa
rendah |
7. |
Siswa kurang tanggung jawab
dalam melaksanakan tugas |
8. |
Ekstra kulikuler kurang |
9. |
Penulisan Karya ilmiah rendah |
|
|
STANDAR
PROSES |
1 |
Guru belum mampu mengembangkan
Silabus ditingkat MGMP sekolah. |
2 |
Prosentase guru yang mampu
mengembangkan RPP masih rendah |
3 |
Silabus dan RPP belum disyahkan
Dinas Pendidikan Kab/ Kota |
4 |
Kualitas RPP yang disusun guru
kualitasnya belum baik (cenderung copy paste) |
5 |
Guru belum menginformasikan
SK/KD kepada siswa pada awal semester |
6 |
Beberapa guru belum menguasai
tahapan PBM yang baik, mulai dari membuka, inti (Ekplorasi, Elaborasi
Konfirmasi), penutup |
7 |
Kegiatan Remedial teaching dan
pengayaan belum berjalan dengan optimal |
8 |
Beberapa sekolah jumlah siswa
per rombel melebihi 32 siswa |
9 |
Beberapa guru belum mampu
mengembangkan bahan ajar |
10 |
Guru masih banyak yang belum
paham tentang penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur |
11 |
Beberapa sekolah rasio buku teks
pelajaran belum memenuhi 1 : 1 |
12 |
Beberapa guru belum mampu
mengajar minimal 24 jam/ minggu |
13 |
Pemantauan pembelajaran belum
optimal |
14 |
Pelaporan hasil supervisi kepada
pemangku kepentingan belum optimal |
15 |
Tindak lanjut supervisi masih
lemah |
16 |
Mapel Mulok beberapa sekolah
belum memiliki silabus |
17 |
Prosentase guru yang
melaksanakan pembelajaran Pakem masih rendah |
18 |
RPP guru banyak yang belum
berbasis TIK |
|
|
STANDAR
PENILAIAN |
1 |
Sebagian guru belum menguasai
penilaian sesuai dengan standar |
2 |
Guru belum banyak yang melakukan
pemanfaatan hasil belajar untuk perbaikan PBM |
3 |
Remedial teaching dan pengayaan
belum berjalan dengan baik |
4 |
Prestasi UN masih dibawah
rata-rata Nasional |
5 |
Guru masih banyak yang belum
paham penilaian akhlak mulia dan kepribadian |
6 |
Guru nasih banyak yang belum
mampu menyusun instrumen penilaian yang baik |
7 |
Guru banyak yang belum
mengembalikan pekerjaan siswa, dengan balikan komentar yang memotivasi |
|
|
|
|
STANDAR
SARANA DAN PRASARANA |
1. |
Kesulitan dalam pencatatan
pengelolaan aset sekolah |
2. |
Keterbatasan media pembelajaran |
3. |
Luas lahan kurang, sehingga
menyebabkan rasio yang tidak sebanding pada jumlah peserta didik di setiap
rombongan belajar yang ada |
4. |
Kelengkapan Laboratorium IPA dan
Laboratorium TIK masih kurang |
5. |
WC siswa kurang, tidak sesuai
dengan rasio jumlah siswa |
6. |
Tidak ada saluran telepon dan
jaringan internet di sekolah |
7. |
Jumlah kelas tidak sama dengan
rombel, kekurangan ruang kelas (RKB) |
8. |
Pagar sekolah rusak/tidak ada,
sehingga berdampak pada tingkat keamanan sekolah yang agak terganggu, kurang
terjamin |
9. |
Buku teks pelajaran untuk siswa
kurang |
10. |
Belum punya tempat ibadah |
11. |
Sekolah tidak memiliki
sertifikat tanah |
12. |
Sekolah sudah berumur tua,
sehingga banyak ruangan-ruangan yang harus direnovasi/direhabilitasi |
13. |
Sekolah tidak memiliki ruang
pimpinan (Kepala Sekolah dan Wakil Kepala Sekolah) secara terpisah, karena
masih tergabung dengan ruang Tata Usaha |
14. |
Sekolah tidak memiliki ruang
penunjang kegiatan belajar dan ruang kegiatan kesiswaan, seperti Laboratorium
IPA, Laboratorium TIK, Laboratorium Bahasa, Ruang OSIS, Ruang UKS, Ruang
Keterampilan dan Kesenian, Ruang Perpustakaan, dll |
15. |
Sekolah tidak memiliki gudang
untuk menyimpan peralatan dan perlengkapan |
16. |
Sekolah tidak memiliki aula atau
ruang pertemuan |
17. |
Kurangnya tempat atau ruang
untuk olahraga |
18. |
Sekolah belum memiliki Izin
Mendirikan Bangunan (IMB) dan Izin Pengeringan |
19. |
Ruang Kelas rusak, kelas banjir |
|
|
STANDAR
PEMBIAYAAN |
1. |
Tidak ada sumbangan dari orang
tua/wali peserta didik |
2. |
Sumber dana yang dimiliki
sekolah tidak mencukupi untuk memenuhi biaya operasional yang harus
dikeluarkan sekolah |
3. |
Sumber dana datangnya sering
terlambat, sering sekali dananya cair setelah kegiatan berakhir, ditambah
lagi birokrasi yang bertele-tele |
4. |
Belum melibatkan semua
stakeholders dalam penyusunan RAPBS |
5. |
Sumber pembiayaan hanya dari
APBN, yaitu hanya dari dana BOS |
6. |
Dampak dari sekolah gratis
sehingga sekolah tidak diperbolehkan memungut dan menerima sumbangan sama
sekali dikarenakan instruksi dari Pemda setempat |
7. |
Kurangnya respon dari Pemda
setempat untuk membantu sekolah dalam hal pembiayaan |
8. |
Sekolah kesulitan untuk
membiayai kegiatan internal dan eksternal sekolah, karena keterbatasan dana |
9. |
Ada anggaran-anggaran yang tidak
terduga, namun sekolah tidak dapat memenuhinya |
10. |
Kesulitan dana untuk membayar
penggunaan daya listrik yang cukup besar |
11. |
Kesulitan dana untuk membayar
honor/gaji Guru Tidak Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) |
12. |
Pembayaran honor/gaji Guru Tidak
Tetap (GTT) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) masih di bawah Upah Minimum
Regional (UMR) |
13. |
Kurang/tidak adanya partisipasi
Komite sekolah dalam hal pendanaan |
14. |
Subsidi silang untuk membantu
peserta didik yang kurang mampu belum bisa dilaksanakan |
15. |
Belum ada partisipasi dalam hal
pendanaan dari dunia usaha/industri. |
|
|
STANDAR
PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN |
1. |
Tenaga laboratorium komputer
tidak sesuai |
2. |
Kepala Sekolah kurang dari 1
tahun |
3. |
Guru di dalam membuat karya
ilmiah masih kurang |
4. |
Masih terdapat guru yang membuat
RPP dengan copy paste |
5. |
Masih ada guru yg kurang
memanfaatkan waktu efektif dalam PBM |
6. |
Sebagian guru belum terbiasa
membuat KTI |
7. |
Latar belakang pendidikan tenaga
Perpustakaan dan Lab belum memiliki sertifikat |
8. |
Guru masih ada yang belum
memiliki sertifikat kompetensi, waktu efektif masih |
9. |
Kurang dan belum mampu memilih
metode inovatif dan kreatif |
10. |
Belum tersedianya tenaga yg
memadai/profesional utk tenaga pustakawan dan laboran |
11. |
Kurangnya pengetahuan tenaga
administrasi (Pegawai TU) |
12. |
Guru sering terlambat dalam
perangkat pembelajaran |
13. |
Kurangnya minat guru dalam PTK
dan pembuatan karya ilmiah |
14. |
Minimnya guru yang belum membuat
karya ilmiah, guru berprestasi dan yang |
15. |
Guru belum S1 |
16. |
Jumlah guru mapel belum memenuhi
kebutuhan pembelajaran |
17. |
Belum memiliki pustakawan khusus |
18. |
Belum maksimalnya guru dalam
melakukan pembelajaran (inovasi) |
19. |
Belum memiliki petugas laboran
khusus |
20. |
Keahlian tenaga administrasi
tidak sesuai dengan tugasnya |
21. |
Sekolah tidak memiliki tenaga
layanan khusus |
22. |
Masa kerja pustakawan belum
sesuai SNP |
23. |
Guru seni budaya kurang |
24. |
Guru BK belum berijazah BK |
25. |
Guru honor diangkat |
26. |
Sosialisasi pengelolaan asset
sekolah kepada tenaga pengelola tidak ada |
|
|
STANDAR
PENGELOLAAN PENDIDIKAN |
1. |
RKAS dan RKS belum sistematis |
2. |
Belum adanya kemitraan |
3. |
Belum optimal dalam pengawasan
PTK seperti SME |
4. |
Belum optimal pendayagunaan PTK
dalam pengelolaan |
5. |
Belum Memiliki fasilitas website
untuk mengakses SIM sekolah |
6. |
Visi dan Misi dalam RKS belum
optimal |
7. |
Perlu adanya bimtek KS terkait teknis pengelolaan sekolah |
8. |
Kurang peran masyarakat tehadap
sekolah |
9. |
Ruang kelas yang kurang memadai |
10. |
Belum mampu memenuhi sarana
pembelajaran yang memadai, laptop, LCD, dll |
11. |
RKS dan RKAS belum sesuai |
12. |
Dalam menyusun RKS belum optimal
melibatkan semua pemangku kepentingan |
13. |
Sekolah belum menganalisa hasil
evaluasi diri sekolah |
14. |
Belum optimalnya informasi
manajemen sekolah |
15. |
Sekolah belum melaksanakan
pelacakan alumni |
16. |
Kurangnya keterlibatan peran
serta masyarakat |
17. |
supervisi belum optimal |
INI SANGAT MEMBANTU TUGAS TELAAH KURIKULUM SAYA... TERIMAKASI TELAH BERBAGI
BalasHapusAlhamdulillah
BalasHapussangat membantu. terimakasih
BalasHapusUse this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours
BalasHapusMore than 160000 women and men are utilizing a simple and SECRET "water hack" to drop 1-2 lbs each and every night as they sleep.
It is very simple and it works every time.
This is how to do it yourself:
1) Hold a glass and fill it half glass
2) Proceed to learn this weight loss hack
so you'll become 1-2 lbs skinnier when you wake up!
Terima kasih banyak kak sangat membantu
BalasHapusTrima kasih
BalasHapusCraps Table Layout for Sale | Shootercasino.com カジノ シークレット カジノ シークレット 메리트카지노 메리트카지노 10cric login 10cric login 5718Golden Nugget Online App - VNOP BET
BalasHapusCasino Review - jtmhub.com
BalasHapusExperience casino slots online like no other. Play 제천 출장샵 casino games, spin 강릉 출장샵 slots, and win real money 이천 출장안마 in 아산 출장샵 the 속초 출장샵 USA! Join our exclusive rewards program.
Terima kasih file ini sangat membantu dalam penyelesaian tugas saya.
BalasHapusAlhamdulillah sangat membantu tugas sy, terimakasih 🙏🙏🙏
BalasHapus